Senin, 19 Desember 2011

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan


PERBEDAAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

                Pertumbuhan dan perkembangan mempunyai kaitan yang erat sekali namun mempunyai pengertian yang berbeda. Tumbuh adalah sesuatu yang bersifat material dan kuantitatif, sedangakan berkembang adalah suatu yang bersifat funsional dan kualitatif.
                Gejala pertumbuhan dan perkebangan selalu menyatu dalam prosespendidikan atau proses belajar yang dialami anak. Hal ini berkaitan erat dengan tingkat kemampuan,keinginan serta kejenuhan yang menjadi tingkatan bagi kegiatan belajardan tentunya berengaruh terhadap hasil belajar.
1.    Pertumbuhan
Manusia terbentuk dari material genetis yang pertumbuhannya tidak jauh berbeda dengan pertumbuhan genetis hewan, karena keduannya merupakan organism. Setiap organism tumbuh dari keadaan sederhana dengan satu sel tunggal menjadi banyak sel membentuk organism yang bersusunan sangat kompleks.
Dalam kajian teoritis maka gejala pertumbuhan yang dicerminkan dengan perkembangan jiwa seseorang diestimasikan pada pengelompokan usia sebagai berikut:
a.    Masa kanak-kanak yaitu sejak lahir sampai 5 tahun
b.    Masa anak yaitu umur 6 tahun sampai 12 tahun
c.     Masa pubertas yaitu masa 13 tahun samapi kurang lebih 18 tahun bagi anak putrid dan sampai 22 tahun bagi anak putra
d.    Masa remaja sebagai masa transisi kedewasaan
Fungsi kepribadian manusia yang berhubungan dengan aspek jasmaniah dan aspek kejiwaan ini semuannya menyatu sebagai proses perkembangan yaitu:
a.    Fungsi motorik pada bagian tubuh
b.    Fungsi sensorik pada alat indera
c.     Fungsi neurotic pada system saraf
d.    Fungsi seksual pada bagian tubuh yang erotis
e.    Fungsi pernafasan pada alat pernafasan
f.     Fungsi peredaran darah pada jantung dan urat nadi
g.    Fungsi pencernaan makanan pada alat pencernaan
Hukum yang mengatur pertumbuhan adalah sebagai berikut:
a.    Pertumbuhan adalah kualitatif dan kuantitatif
b.    Pertumbuhan merupakan suatu proses yang berkesinambungan dan teratur
c.     Tempo pertumbuhan anak adalah tidak sama
d.    Taraf perkembangan berbagai aspek pertumbuhan adalah berbeda-beda
e.    Kecepatan serta pola pertumbuhan dapat dimodifikasi oleh kondisi-kondisi di dalam dan di luar badan
f.     Masing-masing individu tumbuh menurut caranya sendiri yang unik
g.    Pertumbuhan adalah kompleks dan semua aspek-aspeknya saling berhubungan
Gejala pertumbuhan organisme jelas menyangkut perubahan materiil dan struktur fisiologis. Aspek yang sangat berperan dalam proses pertumbuhan ini adalah;
a.    Anak sebagai keseluruhan
b.    Umur mental anak mempengaruhi pertumbuhan
c.     Permasalahan tingkah laku sering berhubungan dengan pola-pola pertumbuhan
d.    Penyesuaian pribadi dan social mencerminkan dinamika pertumbuhan
2.    Perkembangan
Perkembangan dapat diartikan sebagai perubahan kualitatif dari fungsi perhatian, pengamatan, tanggapan, ingatan, fantasi, pikiran, perasaan,kemauan. Dalam prosesnya perkembangan tidak dapat dipisahkan dengan pertumbuhan dimana keduanya saling mempengaruhi dan saling memiliki kekuatan untuk membentuk pola pertumbuhan dan perkembangan. Kematangan fungsi jasmainah sangat besar pengaruhnya pada fungsi kejiwaan. Hukum perkembangan yang harus diperhatikan:
a.    Perkembangan adalah kualitatif
b.    Perkembangan sangat dipengaruhi oleh proses dan hasil dari belajar
c.     Usia ikut mempengaruhi perkembangan
d.    Masing-masing individu memiliki tempo perkembangan yang berbeda-beda
e.    Dalam keseluruhan metode perkembangan,setiap species perkembangan individu mengikuti pola umum yang sama
f.     Perkembangan dipengaruhi oleh hereditas dan lingkungan
g.    Perkembangan yang lambat dapat dipercepat
h.    Perkembangan meliputi individualisasi dan integrasi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar